Logo

Coffee Morning - Indonesia Science Day 2018

Coffee Morning - Indonesia Science Day 2018

Jakarta - Dalam memperingati hari jadi Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) ke 27, pada tanggal 20 April 2018, akan diselenggarakan kegiatan Indonesia Science Day (ISD) 2018.

Karya anak bangsa di bidang Iptek akan ditampilkan pada kegiatan ISD 2018, yang akan dibuka secara resmi oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, berlangsung pada tanggal 20 s.d. 22 April 2018 di Gedung PP-IPTEK, bertempat di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. ISD 2018 merupakan ajang unjuk penemuan riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi, lembaga litbang dan industri di Indonesia kepada masyarakat, serta menjadi wadah bagi perguruan tinggi, lembaga litbang dan industri untuk memberikan pendidikan iptek dan membuat lebih dekat dengan masyarakat, khususnya kalangan sekolah dan mahasiswa sebagai calon inovator iptek.

Direktur PP-Iptek, Mochammad Syachrial Annas menjelaskan kegiatan ini sesuai dengan fungsi utama PP-Iptek sebagai wahana untuk membudayakan iptek ke anak didik agar bisa mencintai sains dan teknologi, sehingga kelak bisa tertarik menjadi seorang saintis.

“ISD ini sebagai ajang untuk promosi berbagai aktifitas perguruan tinggi kepada pengunjung, khususnya siswa sekolah SMA yang hendak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi,” katanya dalam Coofee Morning pembukaan pameran ISD 2018, di Jakarta, Rabu (18/4).

Kegiatan ISD 2018 akan menampilkan berbagai program sains, seperti kompetisi sains, pelatihan sains, talkshow, pertunjukan seni dan berbagai pertunjukan program sains interakif, antara lain: Puppet Show, Science Show, Robo Soccer Show, Water Rocket Show, Gastronomi Molekuler dan Eco Garden. Eco Garden merupakan salah satu program baru bagi pengunjung PP-IPTEK tahun ini. Selain itu, ISD juga sebagai ajang untuk promosi berbagai aktifitas perguruan tinggi kepada pengunjung, khususnya siswa sekolah SMA yang hendak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Kegiatan ISD 2018 akan dibuka secara resmi oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) pada tanggal 20 April 2018 di gedung PP-IPTEK. Dalam pembukaan acara ini, Menristekdikti juga akan meresmikan 2 wahana baru, yakni Self Balancing Wheel dan Stereo Visual. Dikesempatan ini Menristekdikti akan menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PP-IPTEK dengan 8 lembaga industri yang mencakup bidang fokus pertahanan dan kesehatan, yakni PT Biofarma, PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, PT Inti, PT Len, PT Inuki, PT Dahana dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan penandatanganan BAST antara PP-IPTEK dengan PT. Kalbe.

Dalam ISD 2018 akan diselenggarakan pameran, yang diikuti oleh 41 lembaga, baik pemerintah maupun swasta yang terdiri atas 15 Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Brawijaya (UNBRAW) Malang, Politeknik Negeri Semarang (POLINES), Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN), Universitas Pelita Harapan, Universitas Bina Nusantara, Telkom University, dan Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), serta 26 lembaga litbang, LPNK, Industri strategis dan komunitas Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Pusat Teknologi Roket Lapan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Standarisasi Nasional (BSN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Narkotika Nasional (BNN), PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, PT Inka, PT Inti, PT Len Industri, PT Inuki, PT Dahana, PT Bio Farma, PT Triangle Motorindo (VIAR), Balitbang Kementerian Pertahanan, Dislitbang TNI Angkatan Darat, Litbang TNI Angkatan Laut, Perpustakaan Nasional RI, PT Kalbe Farma, Tbk, Pinhantanas, PT Asuransi Jiwasraya, PT Inatek Nusatama, Komunitas Food Truck, dan Komunitas Harley Davidson Indonesia.

Kegiatan ISD 2018 merupakan kali pertama yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK, dengan melibatkan banyak pihak di bidang iptek. Mempertimbangkan animo dan antusias yang tinggi dari para perguruan tinggi, lembaga litbang dan industry, maka kegiatan ISD akan dijadikan program tahunan PP-Iptek. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk penerapan fungsi PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dalam mendukung tumbuhnya masyarakat yang inovatif dan sumber pembelajaran iptek masyarakat, khususnya generasi muda.

Sumber:
Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi

Prev Uji performan sapi lokal Sapi Sumba Ongole, Sapi Bali dan Peranakan Ongole
Next Perubahan Jadwal Program Pendanaan Perumusan dan Pendampingan Klaster Inovasi Tahun 2018
Hakteknas ke 23 (10 Agustus 2018)