Logo

PEMANFAATAN INOVASI TEKNOLOGI BIOMATERIAL UNTUK PEMBUATAN IMPLAN TULANG BERBASIS STAINLESS STEEL 316L LOKAL DI INDUSTRI ALAT KESEHATAN

PEMANFAATAN INOVASI TEKNOLOGI BIOMATERIAL UNTUK PEMBUATAN IMPLAN TULANG BERBASIS STAINLESS STEEL 316L LOKAL DI INDUSTRI ALAT KESEHATAN

Zenith Medical adalah brand dari PT. Zenith Allmart Precisindo untuk product-product medical khususnya implant tulang dan alat bantu kerja dokter terutama yang terbuat dari logam SS316, SS316L dan sedang mengembangkan untuk produk Titanium. Semua produk dari Zenith Medical menggunakan 100% bahan baku local dengan teknik produksi Investment Casting.

Implan tulang merek ZenMed+ dari PT. Zenith Allmart Precisindo merupakan buah karya hasil penelitian yang bekerja sama dengan BPPT dan Kemenristekdikti dalam pengembangan prototype implan tulang sejak tahun 2014.

PT ZAP adalah produsen implan tulang pertama dengan proses manufaktur yang berkualitas, yang juga mampu untuk produksi massal dalam waktu yang lebih singkat, sehingga harganya bisa sangat kompetitif. Keunggulan-keunggulan lainnya adalah sbb.: varian yang lebih lengkap, desain yang lebih cocok untuk tulang orang Indonesia, ketersediaan stok, serta respon produksi & pengiriman yang lebih cepat.

Setiap keping implan tulang ZENMED+ ini juga memiliki kode identifikasi unik yang mampu ditelusur, yang dengan aplikasi sistem informasi Cloud dapat digunakan untuk keperluan analisis dan mampu telusur.

Pada akhirnya, implan tulang ZENMED+ ini ditargetkan untuk bisa mengurangi ketergantungan impor dan mendukung program BPJS, serta mampu menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan alat kesehatan, terutama untuk “Menuju Kemandirian Implan Tulang Nasional”

LATAR BELAKANG

Kapasitas industri alat kesehatan dalam negeri masih tidak sebanding dengan kebutuhan alat kesehatan dalam negeri. Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan dalam negeri, pengadaan alat kesehatan masih mengandalkan sebagian besar pada produk import, dengan persentase 90.72%, dibandingkan dengan alat kesehatan yang diproduksi di dalam negeri yang hanya 9.28% saja.

DESKRIPSI DAN KEGUNAAN TEKNOLOGI

BPPT sejak tahun 2003 telah melakukan penelitian dan pengembangan baja stainless steel (SS316L) untuk material komponen implan seperti pelat dan sekrup. Menggunakan bahan baku lokal FeNi Pomalaa, hasil riset BPPT telah mampu menghasilkan kualitas bahan & geometri implan stainless steel yang sesuai spesifikasi alat kesehatan terstandard.

POTENSI PASAR

Potensi pasar di wilayah Jakarta saja, pada tahun 2009, terdapat 18.658 kasus operasi yang membutuhkan material dan komponen implan dengan nilai 13,3 juta dolar. Nilai ini diperkirakan akan tumbuh 12,8% pertahun.

TUJUAN INOVASI

Substitusi Impor Kebutuhan Alkes Nasional (Market pull).

STAKEHOLDER

Direktorat Bina Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Kementerian Ristek Dikti, Rumah Sakit Orthopedi.

TIM PENGUSUL

Industri       : PT. Zenith Allmart Precisindo

Litbang     : PTM-BPPT

Pengguna   : RS Orthopedi Dr. Suharso, Solo

Prev Uji performan sapi lokal Sapi Sumba Ongole, Sapi Bali dan Peranakan Ongole
Next PENERAPAN INOVASI “TEKNOLOGI THERMOELECTRIC” UNTUK PENDINGINAN BATERAI PADA BASE TRANSCEIVER STATION BTS PADA INDUSTRI TELEKOMUNIKASI
Hakteknas ke 23 (10 Agustus 2018)