Logo

Perusahaan Rintisan Inkubasi Kemenristekdikti “Youthmanual” Bantu Siswa Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi Secara Online

Perusahaan Rintisan Inkubasi Kemenristekdikti “Youthmanual” Bantu Siswa Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi Secara Online

No. : 48/SP/HM/BKKP/IV/2018

Jakarta, 3 April 2018- Indonesia adalah salah satu negara dengan profil demografis termuda di dunia dengan lebih dari 138 juta (53.5%) penduduk di Indonesia yang berusia dibawah 30 tahun (BPS, 2016). Oleh sebab itu dibutuhkan generasi muda yang produktif dan berperan untuk mendorong transformasi bangsa Indonesia ke fase perkembangan berikutnya.  

Pendidikan tinggi merupakan salah satu cara untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul dan memiliki daya saing tinggi. Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi Indonesia saat ini baru mencapai 31,5%, dan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Youthmanual selama 2 (dua) tahun terakhir dengan mendalami profil dan data lebih dari 400,000 siswa dan mahasiswa ditemukan fakta yang cukup menarik yakni 92% siswa SMA/SMK sederajat bingung dan tidak tahu akan menjadi apa kedepannya dan 45% mahasiswa merasa salah mengambil jurusan.

Youthmanual adalah perusahaan rintisan program Inkubasi Berbasis Teknologi (IBT) dibawah naungan Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa kurang mendapat bimbingan secara menyeluruh terkait perencanaan kuliah dan karier, ketidaksesuaian antara ‘supply’ dan ‘demand’ yaitu bidang-bidang yang diambil oleh siswa banyak yang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan industri saat ini.

Melihat permasalahan tersebut, dibutuhkan program intervensi dini bagi siswa yang akan masuk perguruan tinggi. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul dari hasil penelitian tersebut, Youthmanual dan Kemenristekdikti pada 1 Februari 2018 meluncurkan www.youthmanual.com sebuah platform persiapan kuliah dan karier untuk membantu siswa SMA/SMK sederajat mendapatkan bimbingan pemilihan jurusan kuliah, masa perkuliahan dan bimbingan karier secara online yang bersifat menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan.

Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi  Kemristekdikti Retno Sumekar mengatakan kegalauan siswa dan salah jurusan adalah permasalahan nyata yang dapat berdampak besar terhadap produktiviitas dan perkembangan bangsa, apalagi di era revolusi industri 4.0.  “ Oleh sebab itu, melalui Ditjen Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti mendorong inovasi-inovasi baru untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan besar yang ada. Karena hanya bangsa kita yang mengerti permasalahan-permasalahan yang ada di negara ini. Youthmanual.com sebagai inovasi baru anak bangsa adalah salah satunya yang kami dorong,” ujar Retno di Jakarta (3/4/2018).

Berdasarkan riset Youthmanual dan Kemenristekdikti juga terungkap bahwa permasalahan utama bagi siswa adalah siswa tidak mengenal diri dan potensi yang dimiliki. Terlebih selama ini siswa kurang mendapat panduan, informasi terkini terkait beragam bidang, peta karier dan dinamika industri saat ini dimana banyak munculnya profesi-profesi  dan program studi baru yang dibutuhkan industri. Oleh karena itu Youthmanual dikembangkan untuk memberikan panduan secara menyeluruh bagi siswa yang mencangkup beragam asesmen untuk pengenalan diri seperti; minat, kepribadian, kemampuan, gaya belajar dan personal values

Dengan mengakses Youthmanual, siswa kemudian dapat eksplorasi ribuan informasi terkait peta karier, profesi, program studi hingga ribuan kampus di seluruh Indonesia dan siswa dapat melihat nilai kecocokan diri terhadap masing-masing program studi dan profesi yang ada. Selanjutnya, siswa dapat melakukan langkah-langkah nyata dan membangun CV untuk merealisasikan mimpi dan cita-citanya.  
Hal ini penting untuk mempersiapkan siswa dan mahasiswa agar siap berkarya sesuai dengan minat dan berani bersaing sesuai dengan dinamika industri saat ini.

“Dengan Youthmanual, diharapkan siswa SMA/SMK sederajat tidak lagi bingung akan menjadi apa dimasa depan dan mahasiswa tidak lagi salah mengambil jurusan. Karena di Youthmanual, siswa mendapatkan bimbingan kuliah dan karier Online secara menyeluruh yang dimulai dengan mengikuti berbagai asesmen penelurusan minat, bakat, potensi. Kemudian siswa dapat melihat kecocokan dengan beragam program studi dan profesi, eksplorasi bidang dan peta karier yang ada saat ini, serta merancang langkah-langkah nyata agar mereka menjadi generasi yang kuat, berdaya, produktif dan bercita-cita tinggi dalam mencapai mimpi”, ujar Rizky Muhammad, Founder & CEO Youthmanual.

Mulai dikembangkan di tahun 2016 melalui proses riset, pengembangan dan uji coba yang cukup panjang, Youthmanual telah membantu lebih dari 425,000 siswa dan secara resmi digunakan oleh 180 sekolah di seluruh Indonesia sejak diluncurkan secara resmi bulan Maret lalu.  Selain perencanaan kuliah dan karier yang komprehensif bagi siswa. Youthmanual juga membantu sekolah untuk melakukan analisis dan koleksi data yang terintegrasi.

Saat ini, Youthmanual dapat digunakan oleh siswa-siswi SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia dengan mengakses laman http://www.youthmanual.com dan mendaftar secara cuma-cuma menggunakan akun media sosial.  

Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi
Kemenristekdikti



Tentang Youthmanual:
Youthmanual.com adalah panduan persiapan kuliah dan karier online, berbasis data untuk membantu siswa mengenal diri, mengembangkan potensi agar dapat mencapai cita-citanya. Ditujukan bagi siswa SMA/SMK sederajat, youthmanual memberikan asesmen minat, potensi dan kemampuan secara online beserta rekomendasi program studi, profesi, peta karier terkini bagi siswa, dimanapun, kapanpun.

Informasi dan Pertanyaan Lebih Lanjut

Nadia Fernanda Head of Communications & Content Youthmanual Mobile: +62813-8169-2104 Email : nadia@youthmanual.com

 

Prev Uji performan sapi lokal Sapi Sumba Ongole, Sapi Bali dan Peranakan Ongole
Next Pendanaan Perumusan Dan Pendampingan Klaster Inovasi Tahun 2018