Logo

INKUBASI BISNIS TEKNOLOGI

UniqMag

Peraturan Presiden RI Nomor 27 Tahun 2013 tentang Inkubator Wirausaha, sebagai dasar Kementerian Riset, Tekniologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Program Inkubasi Bisnis Teknologi, sejak tahun 2013. Sampai dengan tahun 2014 kegiatan tersebut masih dalam rangka memperkuat revitalisasi Pusat Penelitian Iptek (PUSPIPTEK) di Serpong, Kota Tangerang Selatan. Tahun 2015 kegiatan ini diperluas untuk memberi kesempatan kepada Inkubator dan tenant di seluruh Indonesia dalam rangka memperkuat aktivitasnya. 

Kegiatan Inkubasi Bisnis Teknologi tahun 2015 merupakan kegiatan terpadu yang dilaksanakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bersama dengan LPNK Ristrekdikti, dalam upaya menggali informasi tentang hasil-hasil inovasi yang dikembangkan oleh anak bangsa. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dapat menjadi ‘evidence based’ tentang kewirausahaan di tanah air.

 Melalui kegiatan Inkubasi Bisnis Teknologi pula diharapkan, akan mendorong terciptanya perusahaan (tenant) pemula berbasis teknologi, sehingga tenant tersebut dapat tumbuh dan berkembang serta memberikan konstribusi dalam peningkatan daya saing bangsa Indonesia.

Tujuan kegiatan ini antara lain adalah 1) menumbuh-kembangkan wirausaha baru berbasis inovasi teknologi; 2) penguatan peran Inkubator Bisnis Teknologi dalam melakukan inkubasi wirausaha baru berbasis teknologi; dan 3) pemodelan inkubasi wirausaha baru berbasis inovasi teknologi melalui Inkubator Bisnis Teknologi. Sasaran kegiatan ini adalah mendorong tumbuhnya perusahaan pemula berbasis teknologi (tenant) melalui proses inkubasi dan mempercepat proses komersialisasi hasil litbang nasional.

Tahapan dan Alur Pelaksanaan Program Inkubasi Bisnis Terknologi (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi)