Logo

PERUSAHAAN PEMULA BERBASIS TEKNOLOGI DARI PERGURUAN TINGGI

UniqMag

PROGRAM INSENTIF PERUSAHAAN PEMULA BERBASIS TEKNOLOGI DARI PERGURUAN TINGGI (PPBT PT) DEFINISI

  1. Calon Perusahaan Pemula  Berbasis  Teknologi adalah  calon usaha  baru  yang  berbasis  teknologi  dan  mempunyai  prospek dikembangkan serta produk berwujud prototype atau draft program aplikasi (jika bidang TIK). Namun produk tersebut masih  perlu  disempurnakan  sehingga  memenuhi  spesifikasi pasar atau standard yang ditentukan.
  2. Pendanaan Calon Perusahaan   Pemula   Berbasis   Teknologi adalah   skema   pendanaan   yang   diberikan   kepada   inovasi teknologi yang berpotensi komersial dari lingkungan perguruan  tinggi  melalui  lembaga  pengelola  hasil  riset  dan pengembangan, dan inovasi teknologi tersebut sudah berwujud prototype serta tidak dalam tahap penelitian.
  3. Lembaga Pengelola Hasil  Riset  dan  Pengembangan adalah   LPPM/   LPM/    UP2M/UP3M/ Lembaga   Penelitian/   Lembaga Pengelola Inovasi (bukan lembaga inkubasi bisnis teknologi).
  4. Komersialisasi adalah proses hilirisasi inovasi teknologi secara keseluruhan, mulai dari  tahapan penyempurnaan  prototype produk,    tahap    produksi    produk,    dan    kemudian    menuju penerimaan pasar serta penggunaannya.
  5. Prototype adalah bentuk fisik  pertama (model  asli)  dari  suatu objek  yang  direncanakan  dibuat  dalam  suatu  proses  produksi mewakili  bentuk  dan  dimensi  dari  objek  yang  diwakilinya dan digunakan    sebagai    contoh    untuk    dikembangkan    menjadi produksi massal.
  6. Hilirisasi adalah suatu proses  yang  membawa  hasil  invensi risbang menjadi produk inovasi yang siap dip asarkan sehingga masyarakat  dapat  turut  menikmati  manfaat  dari  hasil  produk inovasi tersebut.

TUJUAN

Tujuan dan sasaran program adalah sesuai dengan diagram Tingkat Kesiapan Teknologi pada level 5 - 7 yaitu melakukan validasi dan uji coba inovasi pada lingkungan yang relevan serta lingkungan yang operasional.

FOKUS BIDANG PRIORITAS INOVASI

Inovasi yang akan mendapatkan pendanaan diprioritaskan untuk 8 (Delapan) fokus bidang yang meliputi:

  1. Pangan
  2. Kesehatan dan Obat
  3. Teknologi Informasi dan Komunikasi
  4. Pertahanan dan Keamanan
  5. Bahan Baku
  6. Material Maju
  7. Energi
  8. Transportasi

PERSYARATAN PENGUSUL PROPOSAL

  1. LPPM/LPM/UP2M/UP3M/ Lembaga Penelitian/ Lembaga Pengelola Inovasi dikuatkan dengan legalitas yang disahkan oleh pimpinan tertinggi di Perguruan Tinggi;
  2.  Tugas dan Fungsi Lembaga Pengusul :
  • Menugaskan atau menunjuk tenaga pendampingan dari LPPM/LPM/UP2M/UP3M/Lembaga Penelitian/ Lembaga Pengelola Inovasi dalam rangka penyempurnaan prototype produk inovasi teknologi CPPBT untuk menjadi produk komersial yang meliputi: bimbingan teknologi, pengurusan sertifikasi, standardisasi dan kekayaan intelektual;
  • Proposal yang diusulkan oleh lembaga pengusul wajib diverifikasi;
  • LPPM/ LPM/ UP2M/ UP3M/ Lembaga Penelitian/ Lembaga Pengelola Inovasi wajib menujuk 1 (satu) orang sebagai liaison officer atau penghubung selama pelaksanaan program dan mengisi aplikasi online pada alamat:

http://ppbt.ristekdikti.go.id/cppbt

Sebelum Batas Akhir Penerimaan Proposal.

PERSYARATAN CALON PPBT

  1. Sekelompok orang (maksimal 3 orang) dosen/peneliti/mahasiswa atau gabungan, yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta;
  2. Produk inovasi yang diusulkan adalah Produk inovasi yang diusulkan sudah ada wujud dalambentuk prototype/draft program aplikasi (jika proposal yang diajukan dari bidang fokus TIK);
  3. Inovasi teknologi yang diusulkan belum pernah mendapatkan sumber pendanaan dari tempat lain untuk produk yang sama;
  4. Penerima pendanaan CPPBT Tahun sebelumnya tidak boleh mengajukan proposal dengan judul dan ruang lingkup/tahapan yang sama pada tahun ini (pendanaan ini berlaku tahun tunggal).

PERSYARATAN INOVASI TEKNOLOGI

  1. Proposal pendanaan Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) usulannya wajib melalui seleksi dari LPPM/LPM/UP2M/UP3M/Lembaga Penelitian/Lembaga Pengelola Inovasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dimana dosen/peneliti/mahasiswa tersebut bekerja/kuliah;
  2. Inovasi teknologi yang diusulkan dari Perguruan Tinggi minimal berada pada level penyempurnaan prototype (bukan pada tahap penelitan).
  3. Inovasi teknologi mempunyai potensi pasar, bernilai komersial, sudah siap untuk trial produksi sebagai penyempurnaan dan dapat juga sedang dalam proses pengurusan kekayaan intelektual, perizinan dan atau sertifikasi lainnya.

PERSYARATAN ADMINISTRASI

  1. Proposal disusun mengikuti sistematika penulisan sesuai dengan format yang telah ditentukan ;
  2. Usulan proposal diajukan secara online melalui alamat website: http://ppbt.ristekdikti.go.id/cppbt/
  3. Proposal dalam bentuk hardcopy dikirimkan setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi dan substansi;
  4. Jumlah hardcopy proposal yang dikirimkan 3 rangkap (1 asli dan 2 fotocopy) beserta softcopy bahan presentasi;
  5. Melampirkan lembar pengesahan yang ditandatangani asli oleh Rektor/Direktur Perguruan Tinggi (Lampiran III).

Untuk Selengkapnya, Lihat Buku Panduan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Dari Perguruan Tinggi (PPBT PT) dibawah ini :

Buku Panduan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Dari Perguruan Tinggi (PPBT PT)

Hakteknas ke 23 (10 Agustus 2018)